Dokter Menjawab


Pertanyaan:
Dok, banyak yang biiang kekebalan tubuh baka! drop setelah operasi pengangkatan amandel. Apa-kah benar begitu?

Suganda di Ambon
Jawaban:
Adalah benar bahwa salah satu fungsi proteksi imunitas tubuh terletak pada tonsil alias amandel. Khususnya ketika masih kanak-kanak dengan daya tahan tubuh lemah. Amandel bertugas sebagai banteng pertahanan menangkal penyakit dari bakteri, virus, dll.

Umumnya penyebab amandel harus diangkat adalah ketika amandel mengalami radang dan sudah berisiko terhadap kesehatan. Peradangan ini disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, atau virus yang
membuat daya tahan tubuh menurun.

Radang amandel tidak selalu berbahaya, namun tidak boleh juga diabaikan begitu saja. Karena bisa saja amandel yang meradang menyebar ke bagian lain seperti pada telinga. Bahkan apabilaberke-panjangan bisa menimbulkan ma-salah lebih serius.

Berbagai risiko inilah yang menjadi pertimbangan dokter untuk memvonis seseorang harus diang-kat amandelnya atau tidak. Ada kriteria khusus untuk menentukannya. Misalnya, radang amandel terjadi terus-menerus lebih dari tujuh kali dalam setahun.
Atau ketika radang amandel menyebabkan penderita mengalami kejang demam. Amandel juga dipertimbangkan untuk diangkat jika radang menyebabkan pende-ritanya kesulitan bernapas. Selain itu, penderita sulit makan dan mi-num, juga karena amandel dicurigai sebagai keganasan.
Seandainya memang amandel terpaksa diangkat, jangan khawatir kalau pascaoperasi pertahanan tubuh Anda akan menurun drastis. Sebab sebetulnya amandel bukan satu-satunya pelindung imunitas. Pada rongga tenggorokan juga ada benteng pertahanan tubuh lainnya yang bernama adenoid yang terletak di langit-langit atas rongga tenggorok berdekatan dengan saluran hidung.
Jumlah kelenjar serupa amandel itu juga tidak hanya satu, tetapi empat. Satu berada di belakang hidung, dua di tenggorok, dan satu lagi di belakang lidah. Jadi, jangan terlalu takut dan khawatir berlebih soal kehilangan sistem kekebalan tubuh terkait operasi amandel.
Amandel memang berfungsi untuk menyaring kuman, tetapi bukan berarti tidak boleh dioperasi. Sebetulnya terjadinya infeksi bakteri/kuman/virus pada amandel sudah melemahkan fung-si penyaring kuman itu. Jadi tidak ada gunanya juga dipertahankan dengan alasan takut kehilangan kekebalan. Biarlah fungsi pe¬nyaring kuman itu digantikan oleh adenoid lain yang telah disebutkan tadi. Selama ini banyak orang yang berpikir bahwa amandel adalah garda terdepan untuk menangkal kuman, padahal sebetulnya pe-ran itu dipegang oleh hidung. Karena itu alangkah baiknya juga memberi perhatian lebih terhadap kesehatan hidung. S (Tika Anggreni)
Copyright © Jago Kesehatan. All rights reserved.